Faktor yang Menyebabkan Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Secara garis besar, keberagaman ini masuk ke dalam sebuah kondisi dalam diri masyarakat yang sudah banyak sekali memiliki perbedaan di dalam berbagai bidang yang ada. Indonesia juga sudah menjadi negara kepulauan yang penuh sekali akan hal-hal yang beragam dengan perbedaannya. Namun perbedaan ini yang menjadikan seutuhnya rasa toleransi tersebut masih ada sampai dengan saat ini. Sebab itulah, kenapa Indonesia memiliki lambang Pancasila dan Lambang dari Bhineka Tunggal Ika. 

Selain itu, keberagaman dari masyarakat Indonesia juga memiliki dampak positif maupun negatif bagi diri sendiri, bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara. Mengenai dampak positif yang ada adalah dengan memberikan adanya manfaat untuk perkembangan dan kemajuan yang nyata. Sedangkan untuk dampak negatifnya sendiri bisa mengakibatkan adanya ketidakharmonisan bahkan adanya perpecahan dari bangsa dan negara. Sedangkan untuk dampak negatif yang didapatkan adalah mampu mengakibatkan sebuah ketidakharmonisan bahkan adanya perpecahan bangsa dan juga negara. 

Dari sinilah kalian bisa melihat adanya faktor-faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia itu sendiri. Dengan mampu memahami adanya faktor dari penyebab atas keberagaman masyarakat Indonesia ini memang sangat amat penting sebab masyarakat akan senantiasa hidup secara berdampingan dengan beragam latar belakang yang ada. Jadi apa saja faktor-faktor tersebut ? mari kalian ketahui lebih jelasnya pada bacaan di bawah ini ! 

Dilihat dari Keadaan Geografis Indonesia

Wilayah di Indonesia sendiri sudah terdiri dari 17 Ribu Pulau lebih dan sudah tersebar di daerah Ekuator di sepanjang kurang lebih dari 3.000 Mill. pendatang pertama di kepulauan indonesia menjadi ras Australoid yang mana menyebar sekitar 2.000 tahun yang lalu. Kemudian menyusul langsung untuk ras melanesian Negroid pada tahun 10.000 tahun yang lalu. Kemudian datang lagi untuk Ras Mesolithikum dan terakhir adalah Ras Malayan mongoloid. Dimana untuk ras ini sudah masuk dengan 2 Periode yakni di Zaman Neolitikum dan pada Zaman logam. 

Kondisi dari geografis ini sudah membagi penduduk yang menempati pulau serta daerah sehingga mampu menumbuhkan sebuah kesatuan dari suku bangsa yang berbeda-beda. Setiap kesatuan suku bangsa ini terdiri dari orang-orang yang memang telah disatukan dengan adanya ikatan Emosional yang memandang langsung diri mereka sebagai sebuah identitas sendiri. Kelompok-kelompok mpo slot online terbaru juga yang memang mengembangkan adanya Bahasa, Budaya dan juga Kepercayaan masing-masing. Bahkan mereka juga sudah mengembangkan mitos-mitos mengenai asal usul dari nenek moyang itu sendiri. 

Melihat Keberagaman RAS 

Sudah ada di dalam UUD no.40 pada tahun 2008 mengenai sebuah penghapusan dari Diskriminasi Ras serta Etnis yang menyebutkan langsung Ras ini menjadi golongan bangsa berdasarkan dari Ciri-Ciri Fisik dan juga pada Garis Keturunan yang ada. Dan setiap manusia juga sudah memiliki ciri-ciri perbedaan fisik seperti halnya warna Kulit, lalu Bentuk dan Warna Rambut, Muka, Ukuran dan Bentuk Badan, serta masih banyak lagi yang lainnya. 

Melanjutkan dengan apa yang baru saja kami jelaskan mengenai berbagai macam RAS yang muncul di Indonesia, dan ini sudah menjadi etnik yang nyata seperti : 

  1. Etnik Negroid : memiliki Bentuk Rambut Keriting dan Kulit Berwarna Hitam. 
  2. Etnik Mongoloid : dimana memiliki bentuk rambut Kaku dan juga bentuk mata yang sipit. Selain itu warna kulitnya adalah Kuning Langsat. 
  3. Etnik Kaukasoid : dimana memiliki warna Mata biru, Rambut juga pirang dan kulitnya berwarna Putih. 
  4. Etnik Australoid : yang mana memiliki kulit berwarna Hitam atau Sawo matang.
  5. Etnik Khoisan : ini menjadi etnik dengan Ras Afrika Selatan.

Keberagaman dari Ras penduduk yang ada di Indonesia setidaknya sudah dikelompokkan langsung menjadi 4 besar saja yakni : 

1.1 Ras Mongoloid = sudah terdiri dari Pulau Jawa, Sumatera, bali, NNTB, Kalimantan dan Provinsi Sulawesi. 

2.2 Ras Melanesoid = sudah terdiri langsung dari Papua, Maluku, dan NTT. 

3.3 Ras Asiatic Mongoloid = sudah terdiri langsung dari orang-orang China, Orang jepang dan juga Korea yang mana tersebarnya di seluruh Indonesia. 

4.4 Ras Kaukasoid = yang mana ini masuk langsung dari Orang-Orang India, lalu Orang Timur Tengah, Orang Australia, Eropa dan terakhir ditutup dengan orang Amerika. 

Melihat dari kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman Ras terkadang berpotensi menimbulkan konflik. Dimana konflik ini hanya akan merugikan adanya kelompok-kelompok masyarakat namun, pada bangsa Indonesia secara menyeluruh juga. Maka dari itu, di setiap warga negara Indonesia harus diminta untuk saling menjunjung tinggi adanya rasa persaudaraan – lalu kekerabatan – persahabatan sehingga akan terwujud perdamaian. 

Faktor dari Kondisi Iklim 

Wilayah lingkungan dari hidup suku-suku bangsa juga telah memperlihatkan adanya variasi yang berbeda-beda. Terdapat komunitas yang mengandalkan laut sebagai sumber dari kehidupannya, dan ada juga yang masuk ke dalam komunitas dari pedalaman itu sendiri. Karakter Multikultural tersebut akan terlihat pada tipe masyarakat seperti di Perkotaan maupun Komunitas peralihan ekologis yang memang berbeda-beda. Nah dari perbedaan lingkungan ekologis inilah yang mampu untuk menyebabkan terjadinya perbedaan antara wilayah tersebut. 

Terdapatnya Kelompok Suku Banngsa yang Beraneka Ragam 

Integrasi suku bangsa dalam kesatuan Nasional memang sudah menjadi bangsa Indonesia di dalam kesatuan Wilayah Negara indonesia itu sendiri. Dimana dalam hal ini terdapat 4 peristiwa penting seperti : 

-) Kerajaan dari Sriwijaya pada abad ke-7 dan juga Kerajaan Majapahit di abad ke-8 yang sudah mempersatukan adanya Suku Bangsa Indonesia di dalam kesatuan politis – kesatuan ekonomis dan juga kesatuan sosial yang nyata. 

-) Masuk pada Kekuasaan Kolonialisme Belanda hampir selama 3 Setengah abad juga mampu dalam menyatukan Suku Bangsa di dalam satu kesatuan nasib serta cita-cita yang nyata. 

-) selama adanya pergerakan Nasional, disini Para pemuda Indonesia sudah menolak langsung dalam menonjolkan adanya isu atas kebangsaan dan juga melahirkan langsung Sumpah Pemuda yang ada. 

-) Proklamasi atas Kemerdekaan dari Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 sudah mendapatkan dukungan langsung dari semua suku bangsa yang ada di Indonesia. 

Selain itu, penerimaan masyarakat terhadap adanya perubahan juga bisa diterima baik di Indonesia. Yang mana faktor dari penyebab keberagaman masyarakat Indonesia yang terakhir adalah tentang bagaimana adanya sikap Masyarakat terhadap perubahan yang ada. Sikap Masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan dari budaya dan keberagaman itu sendiri. Ada masyarakat yang mana mampu untuk menerima masuknya kebudayaan baru, dan ada juga masyarakat yang mana menutup langsung adanya kemungkinan masuknya kebudayaan baru. Perbedaan inilah yang akan menciptakan adanya keberagaman budaya serta pandangan yang ada di Indonesia. 

Dan terakhir jangan pernah melupakan adanya peran dari sejarah di salah satu faktor penyebab dari keberagaman masyarakat di Indonesia ini mampu diterima baik juga di Indonesia. Dari tiap wilayah akan memiliki perjalanan sejarahnya masing-masing. Seperti memiliki wilayah atas dasar sejarah Kerajaan Islam yang pastinya memiliki ciri khas dari budaya khusus yang ada di dalamnya.