Pluralitas Macam Suku di Indonesia

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang merupakan kepulauan yang juga mempunyai keragaman macam budaya, suku, ras, bangsa, etnis, agama dan juga bahasa dari macam daerah asal. Indonesia sendiri memiliki sekitar 300 kelompok etnik atau pun juga suku bangsa lebih tepatnya adalah menurut yang diadakan oleh sensus BPS pada tahun 2010 sendiri di ketahui ada 1.340 suku bangsa yang terdapat di Tanah Air. Dari sekian banyak suku dan juga etnis tersebut bangsa di Indonesia sendiri tentunya bersifat dominan yang dimana karena memiliki jumlah yang relatif besar seperti halnya suku di pulau Jawa.

Pluralitas Berbagai Suku di Indonesia

Setiap suku dan juga bangsa juga pastinya akan memiliki ciri khas dan juga berbagai macam keunikan dari masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainnya, meskipun mereka unik dan juga berbeda-beda aneka ragam suku tapi mereka semua tetap Indonesia. Hal ini juga sesuai dengan semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti adalah walaupun berbeda-beda tetap satu. Maka sebagai salah satu wujud dari Pluralitas kita harus mengenal lebih jauh suku dan juga etnis apa saja yang terdapat di indonesia, dimana hal tersebut akan bertujuan untuk dapat memberikan pemahaman tentang keunikan dan juga keragaman suku yang berbeda-beda. Ada beberapa suku yang akan dibahas dengan asal dan juga keunikannya yang akan dibahas di bawah ini.

Macam Suku di Pulau Jawa

1. Suku Jawa

Macam suku yang berada di Indonesia yang pertama dan yang besar adalah suku Jawa. Suku Jawa sendiri adalah salah satu suku terbesar yang berada di Indonesia yang mana suku ini terdiri dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Orang dari suku Jawa ini pada umumnya begitu terkenal dengan ciri aksen medoknya yang saat berbicara dan hal ini tentunya akan sulit untuk dapat dihilangkan karena hal tersebut merupakan salah satu bawaan genetik. Selain itu suku jawa sendiri juga terkenal dengan sikap ramah dan juga lembut pada saat berbicara.

2. Suku Sunda

Suku Sunda adalah salah salah satu suku yang berasal dan berada di Provinsi Jawa Barat. Selain itu juga suku Sunda juga dikenal sebagai salah satu dari suku terbesar kedua yang berada di Indonesia setelah adanya suku Jawa. Suku Sunda sendiri juga dikenal dengan beberapa alat musik yang dimilikinya yang biasanya dikenal dengan sebutan angklung. Suku sunda sendiri biasanya terdiri dari beberapa daerah yang berada di jawa barat dan juga mempunyai aksen khas sundanya. Suku sunda sendiri pada umumnya juga menyebar ke wilayah-wilayah yang ada di indonesia.

3. Suku Betawi

Suku selanjutnya adalah salah satu suku asli indonesia juga yaitu suku Betawi. Betawi sendiri adalah salah satu suku yang umumnya berasal dari kawasan DKI Jakarta, selain itu juga dari suku sunda dan juga jawa. Suku Betawi sendiri dikenal dengan icon ondel-ondelnya yang sangat populer. Suku betawi ini juga menjadi salah satu suku khas yang populasinya paling banyak di ibu kota. Betawi sendiri mempunyai banyak sekali kesenian.

4. Suku Madura

Suku selanjutnya yang ada di indonesia adalah suku Madura dikenal sebagai salah satu suku indonesia yang umumnya menghuni darah di kawasan Jawa Timur. Namun selain suku madura ada pulau lainya yang seperti suku Osing dan juga suku Tengger. Untuk suku madura sendiri dikenal juga sebagai salah satu etnis yang juga mempunyai populasi cukup besar yang ada di indonesia. Terlebih lagi suku ini sendiri gemar merantau, yang dimana membuat suku ini ada di setiap wilayah indonesia.

Macam Suku di Pulau Kalimantan

5. Suku Banjar

Banjar sendiri merupakan salah satu dari suku yang umumnya berada di kawasan dan juga berada di Provinsi Kalimantan Selatan. Suku Banjar sendiri biasanya juga dikenal dengan sebutan jumlah dan juga penduduknya yang bahkan mencapai angka 4, 1 juta jiwa di indonesia. Dari jumlah tersebut sendiri, populasi yang sekitar 2,7 juta jiwa dimana suku tersebut yang tinggal di kawasan Kalimantan selatan, sedangkan untuk sisanya suku ini juga hidup di daerah perantauan. Suku banjar sendiri terkenal dengan beberapa hal seperti halnya pakaian dan juga tradisinta.

6. Suku Dayak

Suku Dayak sendiri adalah merupakan salah satu dari beberapa macam suku yang asalnya adalah dari Kalimantan. Namun, selain adanya suku Dayak, Kalimantan Barat sendiri juga dikenal sebagai salah satu tempat dengan berbagai jenis suku bangsa lainnya yang berada di wilayah tersebut. Sementara itu, suku dayak sendiri juga dikenal sebagai salah satu suku bangsa yang berasal dari pedalam pulau Kalimanatan secara keseluruhan. Suku dayak sendiri dikenal dengan salah satu suku dengan warisan magis yang kuat dan hal ini sudah sangat umum sekali di ketahui di seluruh indonesia. Berbagai ilmu dan spiritual sendiri juga menjadi salah satu ciri khas dari adat dan juga kebiasan yang ada di suku tersebut.

Macam Suku di Pulau Sumatera

7. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau sendiri adalah salah satu suku yang umumnya berada di kawasan Sumatra Barat. Suku Minangkabau sendiri seiring juga disebut sebagai suku minang yang dimana sesuai dengan kediaman suku tersebut memiliki sistem kekerabatan secara material. Suku minangkabau sendiri juga dikenal sebagai salah satu suku yang juga dikenal juga dengan gemar berjualan. Suku minang juga terkenal dengan beberapa makanan khasnya yang menjadi salah satu dari icon wilayah mereka.

8. Suku Melayu

Suku Melayu sendiri dikenal sebagai salah satu suku yang juga berada di indonesia yang dimana suku ini berada di kawasan Provinsi Bangka Belitung dan selain itu juga dari berbagai suku-suku lainnya, seperti halnya juga suku jawa, suku banjar, Bugis, Madura, Sunda, Banten, Palembang, Aceh, Manado, dan juga suku serta Maluku.
Sementara itu juga suku melayu memiliki nama yang berasal dari kerasaab Malaya yang mana kerajaan tersebut juga dikenal sebagai sebuah kerajaan yang berada pada kawasan yang tepatnya di sekitar Sungai Batang Hari.
Sedangkan untuk penggunaan kata Melayu sendiri umumnya terus meluas dan digunakan hingga ke luar Sumatera dan juga mengikuti pada sebuah teritori imperium dari kerajaan Sriwijaya hingga pada akhirnya berkembang menuju Jawa lalu Kalimantan, serta ke Semenanjung Malaya.

Itulah beberapa suku yang ada di indonesia, sebagai perwujudan dari pluralitas dimana penting untuk saling menghargai berbagai macam suku yang ada di indonesia. Karena indonesia sendiri negara yang kaya dengan banyaknya suku dan juga kebudayan sebagai salah satu identitas bangsa yang sudah pasti harus kita jaga dan lestarikan. Semoga dengan adanya informasi di atas anda dapat mengetahui keunikan dan juga keberagaman antar suku yang ada di indonesia.Terimakasih.