Strategi Penyelesaian Konflik Pluralitas Etnik Di Indonesia

Pluralisme sendiri adalah sebuah dari kerangka dimana ada nya sebuah interaksi yang berada di beberapa kelompok-kelompok yang saling menunjukan sebuah rasa saling hormat dan juga toleransi antara satu dengan yang lainnya. Pluralisme sendiri adalah salah satu ciri khas dari sebuah masyarakat modern yang ada juga kelompok sosial yang penting. Dan juga merupakan salah satu pengemudi utama dalam kemajuan dan juga ilmu pengetahuan, masyarakat, ekonomi, pengetahuan dan juga perkembangan. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang masuk kedalam negara multikulturalis terbesar di dunia. Berbagai Pluralisme yang ada di indonesia sendiri adalah terdiri dari keberagaman kelas, sosial, etnik gender dan juga ras, bahasa dan juga usia semua hal yang menyangkut perbedaan dan juga keberagamaan.

Strategi Penyelesaian Konflik Pluralitas Etnik

Dalam artikel ini akan dibahas beebrpa Pluralisme dan juga masalah sosial yang biasanya timbul di masyarakat dan menghilangkan nilai-nilai Pluralisme.

Pluralisme Sosial

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya Pluralisme sendiri adalah sebuah kerangka dimana ada sebuah interaksi yang menyangkut beberapa kelompok-kelompok yang menunjukan sebuah rasa saling menghormati satu sama lain dan akan membuahkan sebuah hasil dari tanpa konflik asimilasi. Sebaliknya, dalam masyarakat sendiri pluralistis, adalah kekuasaan dan penentuan terhadap keputusan dan juga kepemilikan dari sebuah kekuasaan lebih tersebar.

Dipercayai juga bahwa hal tersebut juga dapat menghasilkan sebuah partisipasi yang lebih tersebar dan juga lebih luas untuk menghasilkan sebuah partisipasi yang lebih luas dan juga komitmen dari sebuah anggota pada masyarakat, dan oleh karena itu hasil yang akan didapatkan lebih baik. Contoh nya adalah seperti kelompok-kelompok dan di mana pluralisme sendiri penting seperti perusahaan, badan-badan politik yang ada dan ekonomi, sebuah perhimpunan ilmiah.

Keragaman Etnik dan Ras

Tidak dapat kita dipungkiri lagi, hampir pada semua wilayah yang termasuk ke[pada wilayah dan juga kota yang ada di indonesia adalah sebuah wilayah yang multikultur. Para transmigran yang memotivasi dirinya untuk dapat bekerja di tana yang lebih baik di luar jawa ataupun Bali. Namun, kelompok etnis yang biasanya terdiri dari beberapa kelompok dari etnis tertentu yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Para pendatang tersebut biasanya bermigrasi mau tidak mau biasanya mereka harus melakukan kontak budaya dengan masyarakat setempat yang kulturnya lebih dominan.

Kelompok etnis yang menjadi biasanya lebih dominan di dalam suatu wilayah teritorial yang beberapa pada provinsi sbobet88 yang juga termasuk ke ke dalam sebuah kategori diantaranya adalah sebuah provinsi jawa tengah, DIY, Jawa timur, Jawa barat, Bali, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Aceh Darussalam, dan juga Nusa Tenggara Barat.
Kelompok etnis tertentu yang menjadi dominan di luar wilayah teritorialnya. Untuk kategori hanya terjadi di provinsi Lampung saja dimana orang jawa menjadi salah satu mayoritas sebanyak 61,89% diikuti selanjutnya dengan orang asli Lampung justru menjadi salah satu minoritas. Beberapa jenis etnis yang memiliki jumlah berimbang dapat juga dikategorikan menjadi sebuah etnis dengan jumlah asli yang umumnya lebih besar. Kategori ini umumnya berasal dari etnis diaspora seperti halnya Bugis, Batak, Minahasa, dan Buton di wilayah asalnya. Selain itu juga etnis yang terdapat di Banten juga paling banyak jumlahnya meskipun tidak terlalu dominan. Beberapa propinsi lainnya yang juga termasuk ke dalam kategori ini antara lain adalah Banten, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, Jambi, Riau dan Sulawesi Tenggara.

Penyebab Timbulnya Keragaman Ras dan Etnik

Faktor yang juga membuat beberapa perbedaan-perbedaan tersebut terutama juga berasal dari beberapa ilmu-ilmu dan juga perilaku manusia sendiri seperti halnya sosiologi, antropologi dan juga psikologi. Ilmu-ilmu sosial tersebut juga mempelajari dan juga menjelaskan tentang bagaimana orang-orang dapat berperilaku, dan mengapa mereka berperilaku secara demkan dan juga bagaiaman prilakuk merek dengang lingkungannya. Penyebab tersebut pada umumnya telah menimbulkan banyak konflik yang terjadi di dalam masyarakat.
Akhir-akhir ini di indonesia sendiri juga sering muncul beberapa konflik antara rasa dan juga etnis yang diikuti juga dengan beberapa pelecehan seksual, kekerasan, pengrusakan, pembakaran dan juga pembunuhan. Konfglik tersebut muncul dikarenakan adanya sebuah ketidak seimbangan yang terjadi pada sebuah hubungan yang ada di masyarakat. Baik dalam sebuah hubungan sosial, ekonomi maupun dalam hal kekuasaan. Konflik di atas tidak hanya dapat merugikan kelompok-kelompok masyarakat yang terlibat dalam konflik tersebut tetapi juga hal tersebut umumnya dapat merugikan masyarakat secara keseluruhan. Kondisi tersebut juga dapat menghambat sebuah pembangunan nasional yang sedang berlangsung. Beberapa konflik yang umumnya terjadi di indonesia diantaranya :

  • Rasisme : Adalah sebuah sistem dan juga kepercayaan atau juga sebuah doktrin yang umumnya sudah ditanamkan yang menyatakan bahwa sebuah perbedaan biologis yang melekat pada sebuah ras manusia menentukan terhadap pencapaian. Dimana bahwa suatu ras tertentu akan merasa lebih superior dan juga mempunyai sebuah hak untuk mengatur yang lainnya.
  • Separatisme : Hal yang pada umumnya dapat digunakan untuk dapat merujuk kepada sebuah kelompok-kelompok yang biasanya mencoba memisahkan diri dari sebuah kebudayaan atau ras yang meski beberapa tidak selalu menginginkan sebuah dari otonomi politik, seperti halnya hal-hal kelompok yang berbasis ras yang juga biasanya ingin mengisolasikan diri pada sebuah kelompok lainnya ataupun juga kelompok luar. Pada Undang-Undang Dasar yang berada di Negara Republik Indonesia di tahun 1945 sebagai salah satu hukum yang mendasar yang menjunjung tinggi sebuah harkat dan juga martabat seorang manusia yang tercermin di dalam sebuah sila kedua, yaitu kemanusiaan yang adil dan juga beradab.

Asas tersebut merupakan salah satu dari sebuah amanat dari sebuah konstitusional bahwa bangsa Indonesia sendiri bertekad untuk menghapuskan segala bentuk dari diskriminasi dan ras dan juga etnis. Diskriminasi dari ras dan etnis, masih belum memadai untuk dapat mengatasi, mencegah, dan menghilangkan beberapa diskriminasi terhadap beber[a ras dan juga etnis dalam sebuah undang-undang. Berdasarkan sebuah pandangan dan juga sebuah pertimbangan di dalam Undang-Undang diatur juga mengenai sebuah ass tujuan penghapusan dan juga diskriminasi antar ras dan juga etnis yang ada. Manusia dan juga kebebasan dasarnya dalam suatu kesetaraan dalam bidang sipil seperti halnya budaya, politik dan juga sosial. Atau juga dengan cara menunjukan kebencian ataupun juga sebuah rasa benci dan juga tidak suka kepada seseorangan atau kelompok dengan perbedaan ras dan juga etnis dengan melakukan beberapa tindakan-tindakan.

Itulah beberapa cara yang mungkin sebenarnya bisa diterapkan, mengingat konflik antar etnis dan juga suku menjadi suatu hal yang perlu dibenahi di indonesia. Banyaknya pihak-pihak yang menganggap bahwa hal tersebut adalah salah satu hal yang seharusnya dapat diselesaikan di indonesia. Semoga dengan ini semua kita dapat belajar untuk saling menghormati dan juga saling menghargai terhadap berbagai perbedaan yang ada di masyarakat, agar terciptanya suatu hubungan yang sesuai dengan Undang-undang dasar. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca sekalian. Terimakasih.